:AYO BANGUN DESA KITA WAHAI PEMUDA SAMBORA

Minggu, 20 Mei 2012

Jangan Apatis Terhadap Perubahan

Sekitar bulan Desember 2012 mendatang Desa Sambora akan mengadakan pesta enam tahunan, yakni pemilihan kepala desa. Karena masa jabatan kepala desa sekarang akan segera berakhir. Wah siapa ya yang akan menjadi pemimpin desa Sambora nantinya. Jawabannya pasti akan diketahui setelah proses pilkades selesai.

Kendati demikian, hingar bingar soal pilkades belum begitu terdengar di desa berpenduduk sekitar 2500 jiwa tersebut. Kecuali incumbent yang diprediksi bakal mencalonkan diri kembali menjadi kepala desa untuk enam tahun kedepan. Sementara figur lainnya belum terlihat sama sekali. Kita tunggu saja siapa calon yang akan maju nantinya.

Sebagai orang yang berpendidikan kita tentu harus memilih calon pemimpin yang tepat, pemimpin yang bisa membawa perubahan kearah yang lebih baik untuk desa yang kita cintai ini. Kita tidak boleh apatis (acuh) terhadap pembangunan di desa Sambora. Kita harus melibatkan diri didalamnya dengan memilih calon yang tepat.

Kita juga harus berani mengawal pemimpin terpilih, sehingga dirinya benar-benar bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Jika memang pemimpin yang kita pilih melakukan kesalahan kita harus berani mengkritisinya supaya amanah yang telah kita berikan kepada dia dapat dijalankan sesuai dengan yang diharapkan.

Beberapa waktu lalu, saya sempat berbincang-bincang dengan beberapa masyarakat. Mereka menyatakan kecewa terhadap kepala desa saat ini. Karena terkesan acuh terhadap masyarakat yang dia pimpin. Sementara masyarakatpun tidak memperdulikannya.

Sikap demikian termasuk salah satu sikap apatis, yang terkesan tidak perduli dengan kemajuan desa kita sendiri, karena hanya ingin mencari aman untuk kepentingan diri sendiri. Padahal kita juga mempunyai kewajiban untuk bersama-sama membangun desa Sambora. Bukan sebaliknya membiarkan apa adanya bak air yang mengalir begitu saja.

Kita harus berani bertindak untuk sebuah perubahan. Sebab segala sesuatunya tidak akan bisa berubah tanpa ada niat dari kita untuk merubahnya. Soal keamanan, sejatinya bukan karena dia atau siapa yang menjadi pemimpin, namun karena kebersamaan kita untuk menjaga keamanan desa kita sendiri itulah yang menjadi kuncinya. Semoga sharing kita ini membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Salam Cah Sambora

 

Tidak ada komentar:

Template by:
Free Blog Templates