:AYO BANGUN DESA KITA WAHAI PEMUDA SAMBORA

Sabtu, 16 Juni 2012

Sambora dan Pengaruh Teknologinya

Tadi ada rekan satu kampung yang sekarang tugas di Kabupaten Suka Mara bertanya kepada saya. "Blog Sambora itu yang buat kamu kah" saya jawab "Iya". Dia kemudian mengatakan sudah melihat isi blog yang ada di dalamnya, tapi dia tidak memberikan komentar apa-apa mengenai blog tersebut.

Walaupun tidak ditanya, saya akan menjelaskan maksud dan tujuan saya membuat blog tersebut. Yang pertama niat saya adalah, untuk mengenalkan kepada orang lain tentang desa Sambora. Supaya orang tidak terkejut dan banyak bertanya ketika kita menyebutkan nama Sambora.

Yang kedua, adalah untuk memberikan informasi kepada rekan-rekan yang kebetulan ada di luar daerah, dan jarang kembali ke rumah. Setidaknya dengan informasi tersebut bisa menjadi pengobat rindu buat meraka Sekaligus untuk mengetahui perkembangan terbaru di Desa Sambora.

Meskipun saya akui isi blog tersebut belum maksimal, karena tidak selalu updet informasinya. Ya maklum saja saya juga jarang pulang ke Sambora, karena saat ini saya sedang tugas di Ketapang. Kalau mau pulang paling satu bulan sekali atau lebih.

Oh ya ngomong-ngomong soal Sambora, saudara kita yang ada di Sukamara tadi> Biar enak sebutkan saja namanya, dia adalah anggota satuan lalulintas polres Suka Mara, mungkin pangkatnya sudah brigadir sekarang ya, hehe sori gak tahu... Mudah-mudahan saja benar.

Dia menyatakan, sekarang pergaulan di Sambora sudah luar biasa ya... Saya hanya mengiyakan saja, saya tidak akan bicara soal itu panjanglebar di sini, mungkin saja dia juga sudah tahu kabar dari teman ataupun keluarganya yang ada di Sambora. Saya juga takut nanti malah menjadi gibah.

Bisa saja itu akibat dari penggunaan teknologi. Karena disadari atau tidak, saat ini perkembangan media dan teknologi semakin luar biasa, di Sambora anak-anak bisa mengakses informasi dengan sangat mudah dan cepat. Hanya dengan fasilitas telpon genggam mereka bisa mengakses berbagai situs yang tersedia di dunia maya.

Perlu penyadaran dan pemahaman, sehingga mereka tidak memanfaatkan teknologi untuk kepentingan-kepentingan yang kurang bermanfaat, sehingga kita tidak terjerumus pada tindakan yang melanggar norma-norma di masyarakat dan aturan dalam agama.

Kita wajib mengenal perkembangan teknologi, namun kita harus tetap bisa mengendalikannya, bukan sebaliknya menjadi korban dari teknologi. Salam dari Ketapang...

Tidak ada komentar:

Template by:
Free Blog Templates