:AYO BANGUN DESA KITA WAHAI PEMUDA SAMBORA

Jumat, 09 Juli 2010

Anggrek Landak Pikat Hati Mendagri

Kabupaten Expo di JCC

Anggrek endemik yang dibawa Kabupaten Landak pada kegiatan Kabupaten Expo di Jakarta Convention Centre Jakarta ternyata mampu menyedot perhatian pengunjung. Di kabarkan Mendagri Gamawan Fauzi yang berkesempatan hadir saat pembukaan ikut terpesona.

Asisten 1 Pemkab Landak Yohanes Meter yang dihubungi Tribun dari Landak Jumat (9/7) mengatakan, Mendagri gamawan Fauzi saat itu sempat singgah kurang lebih 15 menit untuk menyaksikan anggrek dari Kabupaten Landak. "Anggrek yang kita bawa sampai dibolak-balik, sepertinya pak mentri terkesan," katanya.

Anggrek yang dibawa oleh dinas pertanian tersebut di antaranya jenis Phacaenopsis cerman atau Alphino, Phalaenopis cornucervima Fma, Dendribium singkawangence, Dimorphorsis (vanda Kalimantan), Gramathophyllum speciosum (anggrek macan atau tebu).

Anggrek tersebut termasuk anggrek yang langka, Khusus Phacaenopsis cerman atau Alphino dan Phalaenopis cornucervima Fma merupakan anggrek langka, habitat aslinya memang sudah mulai jarang ditemui.

Yohanes Meter mengatakan, selain Anggrek Kabupaten Landak juga memamerkan potensi wisata, seperti Riam Mananggar, Riam Pade Kambayong, serta kawasan industri yang rencananya akan dibangun di Eks PETI Kecamatan Mandor.

Untuk mempromosikan wisata alam tersebut, pihaknya membawa rekaman video untuk disaksikan para pengunjung. Dikatakannya tiga hal tersebut merupakan prioritas Kabupaten Landak yang mempunyai peluang besar. "Untuk riam mananggar dan riam Pade Kembayong ini bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik sedangkan Eks PETI Mandor rencananya akan dijadikan kawasan industri," katanya.

Dikatakan Yohanes Meter dengan pemutaran video tersebut secara otomatis pengunjung dapat menyaksikan visual secara langsung, merekapun bisa menikmati keindahan yang ada. "Untuk kawasan industri di Mandor memang sudah ada yang mulai meliriknya, bahkan itu sebelum kami bawa ake sini," katanya.

Sementara itu kepada dinas Pemuda Olah raga dan dinas pariwisata dispbudpora Kabupaten Landak, Lukas Kanoh yang dihubungi Tribun mengatakan, sejak hadir pada kabupaten Expo ratusan pengunjung datang di stan Landak setiap harinya. "Dari produk-produk yang kita bawa, umumnya segemari pengunjung, baik kerajinan maupun tanaman anggrek yang kita bawa," ujarnya.

Lukas Kanoh mengatakan stand Kabupaten Landak berdekatan dengan stand Kabupaten Kutai, di sana mereka berlomba-lomba memamerkan beragam kreatisfitas serta potensi wisata kepada para apengunjung yang datang. "Mudah-mudahan saja setelah mengikuti Kabupaten expo ini kalangan investor berdatangan ke Landak," katanya. (ali anshori)

Tidak ada komentar:

Template by:
Free Blog Templates