:AYO BANGUN DESA KITA WAHAI PEMUDA SAMBORA

Selasa, 03 April 2012

Sudut Desa Sambora

Kemarin ada yang uplod foto sawah di Desa Sambora. Langsung deh teringat dengan kampung halaman yang jauh di sana.

Sebagian besar masyarakat Desa Sambora, Kecamatan Toho Kabupaten Pontianak, memang berprofesi sebagai petani, tak heran jika di sana terhampar luas sawah. Sebagian lain juga ada yang bekerja pada sektor perkebunan karet, pekerja swasta, berdagang dan menjadi PNS.

Dari sektor pertanian desa Sambora sudah cukup maju, karena mereka sudah didukung dengan peralatan yang modern, dalam satu tahun biasanya dua kali bercocok tanam. Ya sudah seperti daerah pertanian yang ada di pulau Jawa.

Pada bagian lain masyarakat setempat juga memanfaatkan lahan sawah mereka sebagai keramba ikan. Dari keramba itu mereka bisa menambah penghasilan, bahkan terkadang dari keramba itu keuntungan masyarakat lebih besar. Sayangnya mereka masih terkendala pada sulitnya pemasaran. Sebab mereka seringkali harus menjual sendiri hasil panen ikan ke luar daerah.

Dari sektor perkebunan karet juga cukup menjanjikan, sebab dari hasil perkebunan itulah mereka bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, untuk belanja sembako ataupun biaya sekolah anak-anak mereka.

Pada pagi hari masyarakat desa Sambora umumnya bekerja menoreh karet, kemudian pada sore hari berladang. Sedangkan jika hujan, terpaksa mereka harus konsentrasi ke ladang.

Dari berbagai sumber dan pendapatan itulah mereka bisa menyekolahkan anak-anak mereka, bahkan saat ini sudah banyak dari mereka yang melanjutkan pendidikan sampai pada perguruan tinggi. Sayangnya ketika mereka lulus dari perguruan tinggi, mereka banyak yang meninggalkan kampung halaman, karena telah menjadi pegawai negeri atau bekerja di tempat yang lain.

Oh ya, di Desa ini juga terdapat objek wisata alam air terjun,, biasanya warga setempat menyebutnya dengan air terjun bukit raya. Letaknya kurang lebih 5 Km dari desa, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan sepeda motor. Tempat wisata ini cukup ramai pada hari libur, baik lebaran, natal maupun hari libur lainnya. Dan tidak sedikit pula masyarakat dari luar dan mahasiswa yang mengunjungi wisata tersebut.

Ya inilah desa kami, masih perlu banyak pembenahan dari berbagai sisi, mulai dari pertanian, perkebunan, insfrastruktur dan lainnya, agar desa kami menjadi lebih maju lagi. Sukses buat anak Sambora ya, terus bangkit dan membangun. (**)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah sungguh kreatif

Template by:
Free Blog Templates